Alat Peraga Matematika


Alat peraga matematika adalah hal-hal yang abstrak dapat disajikan dalam bentuk model-model berupa benda konkrit yang dapat dilihat,dipegang.diputar balikan sehingga dapat lebih mudah dipahami.

FUNGSI ALAT PERAGA MATEMATIKA :
a.Sebagai media dalam menanamkan konsep-konsep matematika
b.Sebagai media dalam memantapkan pemahaman konsep
c.Sebagai media untuk menunjukan hubungan antara konsep matematika dengan dunia disekitar kita serta amplikasi konsep dalam kehidupan nyata

FUNGSI ALAT HITUNG MATEMATIKA :
a.Jari-jari tangan → digunakan untuk operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan angka-angha dibawah 100.
b.Batang lidi atau batu krikil → digunakan untuk operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan angka-angha dibawah 100.
c.Kalkulator → digunakan untuk operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat dan akar.
d.Komputer dengan program excel → digunakan untuk perhitungan matematika dan pengolahan statistika bisa dilakukan dengan cepat dan mudah

CONTOH ALAT PERAGA MATEMATIKA
a.Alat Peraga Tabung dan Kerucut
Alat peraga ini terdiri dari tabung tanpa tutup atas dan kerucut tanpa alas yang terbuat dari pelat besi. Dalam hal ini ukuran tinggi tabung di buat sama dengan ukuran tinggi kerucut dan jari-jari alas tabung sama dengan jari-jari alas kerucut.



Cara kerja alat peraga ini adalah sebagai berikut:
1)Mempersiapkan alat dan bahan praktek alat peraga yaitu berupa alat peraga tabung
alat perga kerucut dan pasir
2)Kerucut diisi penuh dengan pasir dan kemudian pasir yang ada dalam kerucut
dituangkan ke dalam tabung.
3)Kegiatan pada nomor 2 dilakukan tiga kali. Setelah itu akan diperoleh kesimpulan
bahwa volume kerucut adalah 1/3 dari volume tabung.
b.Alat peraga sudut pusat dan sudut keliling lingkaran
Alat peraga ini berupa papan kayu yang berbentuk lingkaran yang mana terdapat 1 paku pada pusat lingkaran dan beberapa paku pada tepi lingkaran. Perlengkapan alat peraga ini perupa karet pentil dan kertas yang sudah memiliki nilai sudut tertentu.



Cara kerja alat peraga ini adalah sebagai berikut:
1)Mempersiapkan alat dan bahan praktek alat peraga yaitu berupa alat peraga sudut
pusat dan sudut keliling lingkaran.
2)Karet dikaitkan pada paku yang terletak pada papan kayu lingkaran sehingga karet
membentuk sudut pusat lingkaran.
3)Karet yang kedua dikaitkan pada paku yang terletak pada papan kayu sehingga
membentuk sudut keliling lingkaran yang menghadap busur yang sama dengan sudut
pusat lingkaran yang terbentuk pada langkah kedua yang terlihat seperti pada
gambar.
4)Kertas yang nilainya sudah sama dengan sudut pusat lingkaran dicocokan dengan
sudut pusat yang telah terbentuk, kemudian kertas tersebut dilipat sehingga ukuran
sudutnya menjadi setengah dari ukuran sudut yang awal.
5)Kertas yang telah dilipat tersebut dicocokan dengan sudut keliling lingkaran yang
terbentuk pada kayu. Dari kegiatan ini dapat dibuktikan bahwa besar sudut pusat
lingkaran adalah dua kali sudut keliling.

c.Tulang Napier
Tulang Napier merupakan alat peraga berupa potngan-ptongan kayu panjang yang telah diberi angka-angka yang digunakan sebagai alat bantu hitung perkalian, seperti gambar berikut:



Cara kerjanya adalah sebagai berikut:
Contoh:




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar