Cermin Datar

Cermin Datar
Ketika cahaya menimpa permukaan benda, sebagian cahaya akan dipantulkan dan sebagian yang lain akan diserap, tetapi jika benda tersebur transparan seperti, kaca atau air sebagian cahaya akan diteruskan. Berkas cahaya yang datang ke permukaan yang rata akan dipantulkan kembali, dan ternyata berkas sinar datang dan pantul berada pada bidang yang sama dengan garis normal permukaan, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:
(a) Hukum pemantulan (berkas cahaya yang dipantulkan pada permukaan datar
(b) Sudut padang dari samping berkas cahaya catang dan pantul

Namun ketika berkas cahaya menimpa permukaan yang kasar, maka cahaya akan dipantulkan tersebar
Pemantulan tersebar dari permukaan kasar
Pada kondisi ini mata kita akan lebih mudah melibat benda tersebut. Artinya permukaan benda yang kasar akan lebih mudah dilihat dari pada permukaan yang halus dan rata, karena akan memberikan sensasi penglihatan yang menyilaukan mata. Dengan kata lain, cahaya yang dipantulkan tidak sampai ke mata kita, kecuali jika ditempatkan pada posisi yang benar, dimana hukum pemantulan dibenarkan, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.
Seberkas cahaya dari lampu senter menyinari (a) permukaan kertas putih (b) permukaan cermin
Hukum Pemantulan Cahaya
  1. Sinar datang, sinar pantul dan garis normal berpotongan pada satu titik dan terletak pada satu bidang datar.
  2. Besar sudut sinar datang sama dengan besar sudut sinar pantul
Bayangan Maya dan Nyata Pada Pemantulan Cahaya
Bayangan nyata adalah bayangan yang tidak dapat dilihat langsung dalam cermin, tetapi dapat ditangkap oleh layar. Dalam proses pemantulan cahaya, bayangan nyata dibentuk oleh pertemuan langsung antara sinar-sinar pantul di depan cermin. 
Bayangan maya adalah bayangan yang langsung dapat dilihat melalui cermin, tetapi tidak dapat ditangkap oleh layar. Dalam proses pemantulan cahaya, bayangan maya dibentuk oleh perpanjangan sinar-sinar
pantul (biasanya dilukis dengan garis putus-putus) yang bertemu di belakang cermin

Sifat-sifat bayangan pada cermin datar
Ketika kamu melihat langsung pada cermin, kamu melihat apa yang tampak pada diri kamu sendiri, selain berbagai benda di sekitar dan di belakang kamu, seperti yang terlihat pada gambar berikut. 
Apa yang terlihat di depanmu atau di belakang cermin merupakan bayangan maya dibentuk oleh cermin datar. Berkas cahaya yang terpantul dari permukaan cermin datar ditunjukkan pada gambar berikut. 
Berkas cahaya meninggalkan setiap titik pada benda dengan berbagai arah, dan berkas-berkas simpangan yang memasuki mata tampak datang dari belakang cermin, sebagaimana ditunjukkan oleh garis putus-putus.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar