Lampu Malam Otomatis

Pernah mengamati bagaimana lampu jalan akan menyala otomatis di malam hari dan mati dengan sendirinya di pagi hari? Pastinya anda juga sudah tahu bahwa tidak ada orang yang bertugas untuk menghidupkan dan mematikan lampu tersebut? Di balik hal tersebut ada sebuah rangkaian elekronika yang  dapat melakukan pekerjaan ini dengan benar. Rangkaian ini menggunakan cahaya yang digunakan sebagai indikator . Jadi ketika malam hari tidak ada cahaya maka arus listrik akan dialirkan oleh  rangkaian menuju lampu sehingga lampu akan menyala, sebaliknya ketika malam hari tidak ada cahaya maka arus listrik tidak dialirkan oleh  rangkaian menuju lampu sehingga lampu mati.


Sebuah alat dapat dibuat gelap atau terang diaktifkan dengan sedikit mengubah konfigurasi sirkuit. Gagasan ini menemukan berbagai aplikasi seperti, penyiraman otomatis dari kebun di malam hari, lampu malam otomatis, sirene diaktifkan gelap dan sebagainya.

Hal ini sangat nyaman untuk menyalakan lampu pada saat kita tidak ada di rumah. Rangkaian lampu malam otomatis dapat digunakan untuk cahaya lampu tangga, kantor dan lain sebagainya.
SCR dan LDR bersama-sama memainkan peran otomatisasi dalam sirkuit ini. Dalam gambar, resistansi LDR adalah rendah selama siang hari dan tinggi pada malam hari. Jadi pulsa pemicu yang diperlukan dikembangkan di seluruh SCR ketika menjadi gelap dan itu menyebabkan SCR terpicu dan arus mengalir.

Selamat Mencoba...

Hati-hati rankaian ini berhubungan dengan tegangan tinggi!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar