Pengantar Logika Matematika

Dalam setiap kegiatan kita dituntut untuk mempunyai pola pikir yang tepat, akurat, rasional dan kritis agar tidak salah dalam penalaran yang menyebabkan kesalahan dalam mengambil kebijakan. Logika matematika dapat memberikan bimbingan agar dapat memiliki pola pikir seperti itu, sehingga dalam setiap aspek kehidupan manusia, logika sangat dibutuhkan agar lebih efektif dalam mengenal kehidupan dan menghindari kesalahan penalaran berfikir.
 
Kita semua tentunya tidak asing lagi dengan benda yang disebut kalkulator dan komputer karena sehari-hari kalian jumpai di sekolah, kantor bahkan di mall dan sebagainya. Tahukah anda bahwa yang menemukan mesin hitung (calculator) adalah Blaise Pascal pada tahun 1642, yang akhirnya berkembang menjadi komputer digital, pertama kali dirakit sekitar tahun 1944 hingga tahun 1973. Alat-alat ini bekerja berdasarkan instruksi bilangan biner. Instruksi ini pada dasarnya merupakan serangkaian kombinasi logis bilangan “0” atau “1” , yang dapat diartikan dalam bahasa logika sebagai kondisi “True” atau “False”. Sehingga dalam pengoperasian komputer hanya dikenal dua kondisi yang analog dengan logika yaitu ada atau tidaknya aliran listrik.

Logika matematika meliputi: logika pernyataan atau proposisi (propositional logic) suatu yang menelaah manipulasi antar pernyataan dan logika penghubung atau predikat (predicate logic) yang menelaah manipulasi hubungan relasioanal antara pernyataan pertama dengan pernyataan kedua. Oleh karena itu logika matematika adalah ilmu yang menelaah manipulasi antar pernyataan matematik (mathematical Statement). Namun sebelum melangkah lebih jauh, kita perlu memahami terlebih dahulu pengertian pernyataan dan pengertian penghubung.


Kode Biner dalam Program Komputer George Boole (1815-1864) Ahli matematika Inggris pertama kali yang menggantikan nilai kebenaran : “ Benar “ dengan “1” dan nilai kebenaran “Salah” dengan “0”. Sistem bilangan yang hanya terdiri atas dua macam bilangan tersebut dinamakan Sistem Biner. Temuan ini sangat berguna untuk menyusun program komputer. Dalam program komputer, proses pengubahan data ke dalam sistem bilangan biner disebut Konversi Biner. Dan notasi yang dihasilkan dari ini dinamakan Kode Biner.
Sumber :Ensiklopedi Matematika & Peradaban Manusia 2002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar